Rabu, 30 Mei 2012

MTQ ke-42 di Merangin Termeriah dan Spektakuler

Bangko-Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-42 tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Merangin, berlangsung paling meriah dan spektakuler. Hal ini tanpak dari acara  pembukaan pada Jumat (11/5) di arena MTQ Sungai Misang Bangko. Perhelatan akbar MTQ ke-42 yang dibuka Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) didampingi Bupati Merangin H Nalim tersebut, dihadiri lebih dari 20 ribu massa dari berbagai penjuru, yang tumpah ruah di sisi-sisi lokasi arena MTQ.

Tanpak hadir di panggung utama, mantan Meteri Agama RI Said Agil dan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI Prof DR Abdul Jalil MA. Selain, Wakil Gubernur Jambi Fahrori Umar, Ketua DPRD Provinsi Jambi dan Sekda Pemprov Jambi.
Tidak hanya itu, para bupati dan walikota se-Provinsi Jambi juga hadir membawa para kafilahnya yang siap berlaga di ajang bergengsi MTQ ke-42 tingkat Provinsi Jambi. Bupati dari kabupaten tetangga Damasraya dan Rejanglebong juga hadir.
Dikatakan gubernur Jambi, pelaksanaan MTQ bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang beriman dengan mempelajari dan mengamalkan ajaran Al Quran. Saat ini jelas HBA, masih ada 45 ribu anak yang masih buta aksara Al Quran.
‘’Hal ini menjadi tanggungjawab kita semua. Kita (para pejabat, red) sebagai Ulil Amri yang dipercaya masyarakat, berdosa kalau tidak cepat memerangi hal tersebut. Untuk itu pemberantasan buta aksa Al Quran ini mejadi target saya bersama para bupati dan walikota,’’ujar Gubernur.
Sedangkan Bupati Merangin H Nalim pada sambutan sebagai ketua panitia pelaksana mengatakan, ada tiga target yang harus dicapati pada pelaksanaan MTQ ke-42 di Kabupaten Merangin.
Pertama, Merangin harus sukses menyelenggarakan perhelatan akbar MTQ ke-42 tingkat Provinsi Jambi, dengan dukungan seluruh partisipasi semua lapisan masyarakat Kabupten Merangin.
Kedua lanjut bupati, harus sukses pelayanan. Berhasil memberikan pelayanan yang baik kepada para kafilah dan tamu yang berkunjung ke Kabupaten Merangin dalam rangka MTQ.
‘’Terakhir harus sukses prestasi. Kabupaten Merangin menargetkan juara umum pada MTQ ke-42 ini dan mudah-mudahan target itu dapat tercapai dengan baik karena di dukung para Qori dan Qoriah putra-putri terbaik Merangin,’’jelas Bupati.
Kemeriahan malam pembukaan MTQ ke-42 di Kabupaten Merangin, semakin terlihat, karena para penjabat yang hadir bersama ibu. Para ibu-ibu pejabat tersebut, tanpak salut dengan berbagai acara yang ditampilkan.
Setelah devile kafilah dari kabupaten/kota peserta, para pejabat dan pengunjung sangat kagum dengan penampilan Asmaul Husna yang melibatkan 2.600 orang ibu-ibu Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) dari 24 kecamatan di Merangin.
Lebih dari itu, para pengunjung juga terbius oleh penampilan dramband Wahana Masurai, peraih berbagai prestasi di tingkat nasional. Menariknya lagi saat tarian massa ditampilkan yang dibawakan ratusan pelajar.
Tarian massa yang bertema ‘Negeri seribu cahaya’ itu, mendapat sambuatan meriah dari penonton, karena konfigurasi yang ditampilkan sangat menarik dan benar-benar mampu menghibur ribuan massa yang hadir.
Acara syiar Islam tersebut, didukung semua lapisan masyarakat Kabupaten Merangin, mulai dari para ulama, lembaga adat, akademisi, serta kerukunan umat beragama dan terhormat para dewan hakim penilai.
Sebelumnya pada pagi Jumat (11/5), dilakukan pawai takruf dan mobil hias. Karnaval MTQ ke-42 yang dimulai dari depan Kantor Bupati Merangin dan berakhir di arena utama MTQ tersebut, juga berlangsung meriah dan spektakuler.
Ribuan warga Merangin dan warga dari kabupaten tetangga tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilalui karnaval melibatkan peserta dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi.
Begitu juga dengan pelaksanaan bazzar yang dibuka Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj Yusniana HBA di lokasi MTQ. Bazzar tersebut melibatkan seluruh kabupaten/kota peserta dan ribuan pedagang serta pengrajin dari Sumatera dan Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar